Mengenal jendela jendela dan menu di Ms. Word
Sebelum memulai aplikasi MS Word, sebaiknya kita mengenal dahulu tampilan area kerja aplikasi Microsoft Word beserta elemen - elemennya yang terdiri atas Tittle Bar, Menu Bar, Tool Bar, Ruler, Status Bar, dan Scroll Bar.
Berikut Pengertiannya :
1. Tittle Bar
Tittle Bar atau baris judul digunakan untuk menampilkan nama file yang aktif. Pada bagian pojok kanan atas terdapat icon untuk Minimize, Maximize, Restore, dan Close.
Minimize : Digunakan untuk menampilkan jendela Microsoft Word ke ukuran minimal berbentuk icon.
Maximize : Digunakan untuk menampilkan jendela Microsoft Word ke ukuran Maximal memenuhi layar.
Restore : Digunakan untuk menampilkan ukuran jendela Microsoft Word yang dapat di atur panjang dan lebarnya sesuai dengan keinginan.
Close : Digunakan untuk menutup atau keluar dari Microsoft Word.
2. Menu Bar
Pengertian: Menu bar adalah menu pilihan yang berupa teks. Terdiri dari:
1. Menu File: Menu yang berkaitan dengan operasional dokumen atau file.
Dalam menu file terdapat sub menu atau dikenal dengan menu pulldown.
Terdapat 16 menu pulldown yaitu :
1. New
2. Open
3. Close
4. Save
5. Save As
6. Save As Web Page
7. Save Workspace
8. Search
9. Web Page Preview
10. Page Setup
11. Print Area
12. Print Preview
13. Print
14. Send To
15. Properties
16. Exit
2. Menu Edit: Menu yang berfungsi untuk pengeditan dan perbaikan dokumen.
Terdapat 16 menu pulldown yaitu :
1. Cut
2. Copy
3. Office Clipboard
4. Paste
5. Paste Special
6. Paster as Hyperlink
7. Fill
8.Clear
9. Delete
10. Delete Sheet
11. Move or Copy Sheet
12. Find
13. Replace
14. Go To
15. Links
16. Object
3. Menu View: Menu yang berkaitan dengan penampilan dokumen dan monitor lembar kerja atau workbook.
Pada menu view terdapat 11 menu pulldown yaitu :
1. Normal
2. Page break preview
3. Task Pane
4. Toolbars
5. Formula Bar
6. Status Bar
7. Header and Footer
8. Comments
9. Custom Views
10. Full Screen
11. Zoom
4. Menu Insert: Menu yang berfungsi untuk tekhnik penyisipan
Dalam menu ini ada 14 pulldown yaitu :
1. Cells
2. Rows
3. Columns
4. Woorksheet
5. Chart
6. Symbol
7. Page Break
8. Function
9. Name
10. Comment
11. Picture
12. Diagram
13. Object
14. Hyperlink
5. Menu Format: Menu yang berfungsi untuk menangani masalah pemformatan kolom atau baris seperti memperbesar garis dan memperlebar kolom.
Pada menu format ini terdapat 7 menu pulldown yaitu :
1. Cells
2. Row
3. Column
4. Sheet
5. AutoFormat
6. Conditional Formatting
7. Style
6. Menu Tools: Menu yang berfungsi untuk melakukan perbaikan, pengecekan ejaan, dan sebainya.
Dalam menu ini terdapat 16 menu pulldown yaitu :
1.Spelling
2. Error Checking
3. Speech
4. Share Workbook
5. Track Changes
6. Protection
7. Online Colaboration
8. Goal Seek
9. Scenarios
10. Formula Auditing
11. Tools on the Web
12. Macro
13. Add-Ins
14. Auto Correct Options
15. Customize
16. Option
7. Menu Data: Menu yang memiliki fungsi pokok untuk manipulasi dan perubahan data yang telah dibuat seperti : mengurutkan, menyortir, dan mengimport data dari tempat lain.
Dalam menu ini terdapat 12 menu pulldown yaitu :
1. Sort
2. Filter
3. Form
4. Subtotals
5. Validation
6. Tabel
7. Text to Columns
8. Consolidate
9. Group and Outline
10. PivotTable and PivotChart Report
11. Import Eksternel Data
12. Refresh Data
8. Menu Window: Menu yang berkaitan dengan penampilan lembar kerja di monitir.
Dalam menu ini terdapat 6 menu pulldown yaitu :
1. New Window
2. Arrange
3. Hide
4. Unhide
5. Split
6. Freeze Panes
9. Menu Help: Menu Help adalah menu bantuan.
Terdapat 8 menu pulldown yaitu :
1. Microsoft Excel Help
2. Show the Office Assistant
3. What’s This
4. Office on the Web
5. Activate Product
6. Lotus 1-2-3 help
7. Detect and Repair
8. About Microsoft Excel
3. Toolbar
Pengertian Toolbar : tombol berupa gambar yang mewakili perintah tertentu.
Terdiri dari:
1. Toolbar Standart: Berfungsi secara umum untuk operasi dokumen atau file pada lembar kerja Excel. Terdiri dari perintah:
- New Blank Document
- Open
- Save
- E-mail
- Search
- Print
- Print View
- Spelling And Grammar
- Cut
- Copy
- Paste
- Format Painter
- Undo
- Redo
- Hyperlink
- Sum
- Ascending
- Descending
- Chart Wizard
- Drawing
- Zoom
- Microsoft Word Help
2. Toolbar Formatting: Berguna untuk memformat isi lembar kerjaatau workbook pada Excel.
Terdiri dari perintah:
- Font
- Font Size
- Bold
- Italic
- Underline
- Align Left
- Center
- Align Right
- Justify
- Merge And Center
- Currency Style
- Persen Style
- Coma Style
- Increase Decimal
- Decrease Decimal
- Increase Indent
- Decrease indent
- Border
- Font Colour
3. Toolbar Drawing terdiri dari perintah:
- Draw
- Select Object
- Autoshapes
- Line & arrow
- Rectangle
- Oval
- Text Box
- Insert Wordart
- Insert Diagram& Organization
- Insert ClipArt
- Insert Picture
- Fill Color
- Line Color
- Font Color
- Line Style
- Dash Style
- Arrow Style
- Shadow Style
- 3-D Style
4. Ruler
Ruler terletak di samping kiri dan atas dari lembar kerja Microsoft word. Ruler (seperti penggaris di Ms Word) berfungsi untuk membantu mengetahui jarak ukuran dalam lembar kerja MS word, termasuk ukuran margin, ukuran kertas, dan lain sebagainya. Ruler mempunyai satuan ukuran sesuai dengan pengaturan measurement unit yang dipergunakan. Jika unit yang digunakan adalah inchi, maka ukuran yang tampil di ruler juga inchi, jika measurement unitnya dalam cm, maka ruler juga dalam satuan cm. Secara default Ms word menggunakan satuan inchi
5. Scroll Bar
Scroll Bar dibagi menjadi 2 fungsi, yaitu :
- Horizontal Scroll Bar adalah perintah untuk menggeser layar ke atas atau ke bawah.
- Vertical Scroll Bar adalah perintah untuk menggeser layar ke kanan atau ke kiri.
Minimize : Digunakan untuk menampilkan jendela Microsoft Word ke ukuran minimal berbentuk icon.
1. Menu File: Menu yang berkaitan dengan operasional dokumen atau file.
Dalam menu file terdapat sub menu atau dikenal dengan menu pulldown.
Terdapat 16 menu pulldown yaitu :
1. New
2. Open
3. Close
4. Save
5. Save As
6. Save As Web Page
7. Save Workspace
8. Search
9. Web Page Preview
10. Page Setup
11. Print Area
12. Print Preview
13. Print
14. Send To
15. Properties
16. Exit
2. Menu Edit: Menu yang berfungsi untuk pengeditan dan perbaikan dokumen.
Terdapat 16 menu pulldown yaitu :
1. Cut
2. Copy
3. Office Clipboard
4. Paste
5. Paste Special
6. Paster as Hyperlink
7. Fill
8.Clear
9. Delete
10. Delete Sheet
11. Move or Copy Sheet
12. Find
13. Replace
14. Go To
15. Links
16. Object
3. Menu View: Menu yang berkaitan dengan penampilan dokumen dan monitor lembar kerja atau workbook.
Pada menu view terdapat 11 menu pulldown yaitu :
1. Normal
2. Page break preview
3. Task Pane
4. Toolbars
5. Formula Bar
6. Status Bar
7. Header and Footer
8. Comments
9. Custom Views
10. Full Screen
11. Zoom
4. Menu Insert: Menu yang berfungsi untuk tekhnik penyisipan
Dalam menu ini ada 14 pulldown yaitu :
1. Cells
2. Rows
3. Columns
4. Woorksheet
5. Chart
6. Symbol
7. Page Break
8. Function
9. Name
10. Comment
11. Picture
12. Diagram
13. Object
14. Hyperlink
5. Menu Format: Menu yang berfungsi untuk menangani masalah pemformatan kolom atau baris seperti memperbesar garis dan memperlebar kolom.
Pada menu format ini terdapat 7 menu pulldown yaitu :
1. Cells
2. Row
3. Column
4. Sheet
5. AutoFormat
6. Conditional Formatting
7. Style
6. Menu Tools: Menu yang berfungsi untuk melakukan perbaikan, pengecekan ejaan, dan sebainya.
1.Spelling
2. Error Checking
3. Speech
4. Share Workbook
5. Track Changes
6. Protection
7. Online Colaboration
8. Goal Seek
9. Scenarios
10. Formula Auditing
11. Tools on the Web
12. Macro
13. Add-Ins
14. Auto Correct Options
15. Customize
16. Option
7. Menu Data: Menu yang memiliki fungsi pokok untuk manipulasi dan perubahan data yang telah dibuat seperti : mengurutkan, menyortir, dan mengimport data dari tempat lain.
Dalam menu ini terdapat 12 menu pulldown yaitu :
1. Sort
2. Filter
3. Form
4. Subtotals
5. Validation
6. Tabel
7. Text to Columns
8. Consolidate
9. Group and Outline
10. PivotTable and PivotChart Report
11. Import Eksternel Data
12. Refresh Data
8. Menu Window: Menu yang berkaitan dengan penampilan lembar kerja di monitir.
Dalam menu ini terdapat 6 menu pulldown yaitu :
1. New Window
2. Arrange
3. Hide
4. Unhide
5. Split
6. Freeze Panes
9. Menu Help: Menu Help adalah menu bantuan.
Terdapat 8 menu pulldown yaitu :
1. Microsoft Excel Help
2. Show the Office Assistant
3. What’s This
4. Office on the Web
5. Activate Product
6. Lotus 1-2-3 help
7. Detect and Repair
8. About Microsoft Excel
3. Toolbar
Pengertian Toolbar : tombol berupa gambar yang mewakili perintah tertentu.
1. Toolbar Standart: Berfungsi secara umum untuk operasi dokumen atau file pada lembar kerja Excel. Terdiri dari perintah:
2. Toolbar Formatting: Berguna untuk memformat isi lembar kerjaatau workbook pada Excel.
3. Toolbar Drawing terdiri dari perintah:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar