Senin, 12 Januari 2015

Pada zaman modern ini kita dituntut untuk dapat mengetahui dan menggunakan segala macam teknologi terutama komputerisasi. Oleh karena itu Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum memberikan Mata Kuliah TIK kepada mahasiswa dengan harapan dapat memenuhi tuntutan pada zaman sekarang.
Dengan bimbingan dari Bpk Nufan Balafif M.Kom saya akan membahas sedikit tentang MK yang sudah diberikan oleh beliau.

Teknologi Informasi & Komunikasi
A. Management File
Dalam suatu Komputer atau perangkat sejenisnya sering kita dengar istilah File, namun apakah sebenarnya file komputer itu? File komputer itu bisa berupa dokumen, music, film dan lain sebagainya yang berupa softcopy. File memiliki spesifik yang berbeda-beda.
Folder
Merupakan sekat pembatas yang digunakan untuk menyimpan file. Ada beberapa cara membuat folder diantaranya adalah
a.  


Screenshot_4.png

Dengan cara langsung mengklik new folder pada bagian atas tampilan.

b.  


Screenshot_5.png

Dengan cara mengklik kanan pada halaman yang kosong lalu klik New kemudian folder. Maka folder baru akan muncul.


A.           Microsoft Word
Microsoft Word merupakan lembar kerja pengolah data. Didalam Ms. Word terdapat banyak menu dan ikon-ikon yang memiliki fungsi yang berbeda. Pada salah satu pertemuan pada mata kuliah TIK. Kami membahas berbagai hal tentang Ms. Word diantaranya adalah

Cara Membuat Tabel
Cara membuat table dapat dilakukan dengan mengklik menu Insert kemudian pilih ikon table dan pilih jumlah kolom dan table yang ingin dibuat.

Cara Membuat Halaman
Dapat dilakukan dengan mengklik tombol Insert – page number – pilih letak yang kamu sukai missal top of page dan pilih model penomoran maka halaman akan muncul secara otomatis berurutan.

Cara Membuat Format seperti Sertifikat


Screenshot_6.png

Sebelumnya kita harus membuat table di Ms Excel yang akan digabung ke Word. Caranya buat daftar di Ms Excel. Contoh:
Lalu buka lembar Ms.word dan ketikkan kategorinya. Klik mailings – select recipients – pilih use axisting list. Maka akan terbuka halaman yang ingin kita pilih. Pilih daftar Ms Excel yang tadi sudah kita buat. Lalu pada menu mailings pilih ikon insert merge field dan pilih kategori sesuai yang kita buat. Lembar kerja sudah jadi.

Cara Menggunakan Format Pointer
Format pointer digunakan untuk mengubah jenis huruf menjadi sama dengan yang diformat. Misalnya pada saat membuat karya ilmiah yang dituntut harus menggunakan model huruf yang berbeda dapat kita ubah dengan menggunakan format pointer. Caranya dengan memblok bagian huruf yang ingin kita tirukan kemudian klik format pointer dan sapukan pada bagian huruf yang ingin dirubah. Maka secara otomatis huruf tersebut akan berubah menjadi yang kita inginkan.

B.            Microsoft Excel
Microsoft excel adalah lembar kerja pengolah angka. Yang biasa digunakan untuk berbagai hal khususnya bidang accounting. Pada Ms excel terdapat banyak menu dan ikon-ikon yang memiliki fungsi yang berbedanamun pada ms excel lebih banyak menggunakan formula atau lebih sering kita dengar dengan istilah rumus. Pada salah satu pertemuan pada mata kuliah TIK. Kami membahas berbagai hal tentang Ms. excel diantaranya adalah
·         Menu File New, Membuat lembar kerja baru.
·         Open, Membuka file yang pernah disimpan baik di harddisk, CD ataupun Flashdisk.
·         Close, Menutup jendela workbook yang aktif
·         Save, Menyimpan workbook yang masih aktif.
·         Save As, Menyimpan workbook yang belum diberi nama atau menyimpan workbook dengan nama baru.
·         Save As Web Page, Menyimpan workbook ke dalam halaman Web.


Fungsi Sum
Fungsi sum digunakan untuk menambah semua data.

Fungsi Average
Fungsi Average digunakan untuk mencari rata-rata.

Fungsi  Min
Fungsi min digunakan untuk mencari nilai minimal / nilai terendah suatu data.

Fungsi Max
Fungsi max digunakan untuk mencari nilai maximal / nilai tertinggi suatu data.

Fungsi Countif
Fungsinya untuk menghitng jumlah cell dalam suatu range dengan kriteria tertentu. adapun rumus yang serng digunakan adalah =COUNTIF(range;kriteria).
Misal :  menghitung jumlah siswa yang tidak lulus ujian /remidi. =COUNTIF(D1:D45;”remidi”) maka dari contoh tadi keterangan siswa berada di range D1 sampai D45 dimana keterangannya remidi. maka hasilnya adalah total siswa yang remidi.

Fungsi Value 
digunakan untuk merubah nilai value menjadi nilai text, penulisannya : =VALUE(text)

C. Internet
Internet dapat sangat membantu kita untuk mencari data atau lain sebagainya. Pada Bab internet ini kita akan membahas beberapa hal antara lain

Cara Membuat Email
Kali ini kita akan membuat Email menggunakan Gmail, bagaimanakah caranya???
*    Pastikan kamu udah masuk ke Internet.
*    Ketikkan Gmail ke Google Search
*    Lalu Klik Creat Account / buat akun
*    Isi semua data yang muncul pada layar dan klik buat
*    Email udah jadi,
 contoh nama email:  Ainaya.ima@gmail.com

Cara membuat Blog
Cara membuat blog sangat mudah, setelah kalian buat email tadi maka hal selanjutnya adalah
*    Pastikan kalian sudah masuk ke email yang udah kalian buat.
*    Ketikkan www.blogger.com pada alamat web
*    Setelah itu masukkan kembali alamat email beserta password yang udah kalian buat,
*    Carilah tulisan buat blog baru pada layar dan klik.
*    Kemudian akan muncul kotak dialog yang berisi nama dan alamat blog yang kalian inginkan
*    Isikan sesuai keinginan kalian misalnya
Nama : Teknologi Informasi PGMI
Almat : Ainaya-unipdu.blogspot.com
*    Lalu klik buat. Maka blok udah jadi.

Nah, itu tadi sedikit ulasan tentang Teknologi Informasi & Komunikasi. Meskipun belum lengkap tapi Semoga bisa bermanfaat buat kalian semua. And Good Luck…!!!! \(^_^)/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar