Pada zaman modern ini kita
dituntut untuk dapat mengetahui dan menggunakan segala macam teknologi terutama
komputerisasi. Oleh karena itu Universitas
Pesantren Tinggi Darul Ulum memberikan Mata Kuliah TIK kepada mahasiswa
dengan harapan dapat memenuhi tuntutan pada zaman sekarang.
Dengan bimbingan dari Bpk
Nufan Balafif M.Kom saya akan membahas sedikit tentang MK yang sudah diberikan
oleh beliau.
Teknologi
Informasi & Komunikasi
A. Management File
Dalam suatu Komputer atau perangkat
sejenisnya sering kita dengar istilah File, namun apakah sebenarnya file
komputer itu? File komputer itu bisa berupa dokumen, music, film dan lain
sebagainya yang berupa softcopy. File memiliki spesifik yang berbeda-beda.
Folder
Merupakan sekat
pembatas yang digunakan untuk menyimpan file. Ada beberapa cara membuat folder
diantaranya adalah
a.
Dengan cara langsung mengklik new folder pada bagian atas tampilan.
b.
Dengan cara mengklik kanan pada halaman yang kosong lalu klik New kemudian folder. Maka folder baru akan muncul.
A.
Microsoft
Word
Microsoft Word merupakan lembar kerja
pengolah data. Didalam Ms. Word terdapat banyak menu dan ikon-ikon yang
memiliki fungsi yang berbeda. Pada salah satu pertemuan pada mata kuliah TIK.
Kami membahas berbagai hal tentang Ms. Word diantaranya adalah
Cara
Membuat Tabel
Cara membuat table dapat dilakukan dengan
mengklik menu Insert kemudian pilih ikon table dan pilih jumlah kolom dan table
yang ingin dibuat.
Cara
Membuat Halaman
Dapat dilakukan dengan mengklik tombol Insert
– page number – pilih letak yang kamu sukai missal top of page dan pilih model
penomoran maka halaman akan muncul secara otomatis berurutan.
Cara
Membuat Format seperti Sertifikat
Sebelumnya kita harus membuat table di Ms Excel yang akan digabung ke Word. Caranya buat daftar di Ms Excel. Contoh:
Lalu buka lembar Ms.word dan ketikkan
kategorinya. Klik mailings – select recipients – pilih use axisting list. Maka
akan terbuka halaman yang ingin kita pilih. Pilih daftar Ms Excel yang tadi
sudah kita buat. Lalu pada menu mailings pilih ikon insert merge field dan
pilih kategori sesuai yang kita buat. Lembar kerja sudah jadi.
Cara
Menggunakan Format Pointer
Format pointer digunakan untuk mengubah jenis
huruf menjadi sama dengan yang diformat. Misalnya pada saat membuat karya
ilmiah yang dituntut harus menggunakan model huruf yang berbeda dapat kita ubah
dengan menggunakan format pointer. Caranya dengan memblok bagian huruf yang
ingin kita tirukan kemudian klik format pointer dan sapukan pada bagian huruf
yang ingin dirubah. Maka secara otomatis huruf tersebut akan berubah menjadi
yang kita inginkan.
B.
Microsoft
Excel
Microsoft excel adalah lembar kerja pengolah
angka. Yang biasa digunakan untuk berbagai hal khususnya bidang accounting.
Pada Ms excel terdapat banyak menu dan ikon-ikon yang memiliki fungsi yang
berbedanamun pada ms excel lebih banyak menggunakan formula atau lebih sering
kita dengar dengan istilah rumus. Pada salah satu pertemuan pada mata kuliah
TIK. Kami membahas berbagai hal tentang Ms. excel diantaranya adalah
·
Menu File New, Membuat
lembar kerja baru.
·
Open, Membuka file yang
pernah disimpan baik di harddisk, CD ataupun Flashdisk.
·
Close, Menutup jendela
workbook yang aktif
·
Save, Menyimpan workbook
yang masih aktif.
·
Save As, Menyimpan workbook
yang belum diberi nama atau menyimpan workbook dengan nama baru.
·
Save As Web Page, Menyimpan
workbook ke dalam halaman Web.
Fungsi
Sum
Fungsi sum digunakan untuk menambah semua
data.
Fungsi
Average
Fungsi Average digunakan untuk mencari
rata-rata.
Fungsi Min
Fungsi min digunakan untuk mencari nilai
minimal / nilai terendah suatu data.
Fungsi
Max
Fungsi max digunakan untuk mencari nilai
maximal / nilai tertinggi suatu data.
Fungsi Countif
Fungsinya
untuk menghitng jumlah cell dalam suatu range dengan kriteria tertentu. adapun
rumus yang serng digunakan adalah =COUNTIF(range;kriteria).
Misal : menghitung jumlah siswa yang tidak lulus ujian /remidi. =COUNTIF(D1:D45;”remidi”) maka dari contoh tadi keterangan siswa berada di range D1 sampai D45 dimana keterangannya remidi. maka hasilnya adalah total siswa yang remidi.
Fungsi Value
Misal : menghitung jumlah siswa yang tidak lulus ujian /remidi. =COUNTIF(D1:D45;”remidi”) maka dari contoh tadi keterangan siswa berada di range D1 sampai D45 dimana keterangannya remidi. maka hasilnya adalah total siswa yang remidi.
Fungsi Value
digunakan untuk merubah nilai
value menjadi nilai text, penulisannya : =VALUE(text)
C. Internet
Internet dapat sangat membantu kita untuk
mencari data atau lain sebagainya. Pada Bab internet ini kita akan membahas
beberapa hal antara lain
Cara
Membuat Email
Kali ini kita akan membuat Email menggunakan
Gmail, bagaimanakah caranya???
Pastikan
kamu udah masuk ke Internet.
Ketikkan
Gmail ke Google Search
Lalu
Klik Creat Account / buat akun
Isi
semua data yang muncul pada layar dan klik buat
Email
udah jadi,
contoh nama email: Ainaya.ima@gmail.com
Cara
membuat Blog
Cara membuat blog sangat mudah, setelah
kalian buat email tadi maka hal selanjutnya adalah
Pastikan
kalian sudah masuk ke email yang udah kalian buat.
Ketikkan
www.blogger.com
pada alamat web
Setelah
itu masukkan kembali alamat email beserta password yang udah kalian buat,
Carilah
tulisan buat blog baru pada layar dan klik.
Kemudian
akan muncul kotak dialog yang berisi nama dan alamat blog yang kalian inginkan
Isikan
sesuai keinginan kalian misalnya
Nama
: Teknologi Informasi PGMI
Almat
: Ainaya-unipdu.blogspot.com
Lalu
klik buat. Maka blok udah jadi.
Nah, itu tadi sedikit ulasan
tentang Teknologi Informasi & Komunikasi. Meskipun belum lengkap tapi
Semoga bisa bermanfaat buat kalian semua. And Good Luck…!!!! \(^_^)/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar